PENGARUH PENDAMPINGAN KADER PADA IBU HAMIL TERHADAP KEPATUHAN MINUM TABLET Fe

  • Sri Wuwuh Akademika Jurusan Kebidanan Semarang
Keywords: Pendampingan, Kepatuhan Minum, tablet Fe

Abstract

Di Indonesia  angka kejadian anemia cukup tinggi yaitu 37,1%. Program penanggulangan anemia pada ibu hamil yang dilaksanakan oleh pemerintah adalah memberikan 90 tablet Fe kepada ibu hamil selama kehamilannya, namun pada pelaksanaaan program pemberian tablet Fe ditemukan berbagai kendala salah satunya kepatuhan ibu hamil yang masih rendah dalam mengkonsumsi tablet Fe. Peran serta masyarakat dalam meningkatkan efisiensi pelayanan sangat penting yaitu dengan mengikutsertakan kader dalam program kesehatan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendampingan kader pada ibu hamil dalam minum tablet Fe.

Jenis penelitian ini adalah  quasi eksperimen dengan menggunakan post test only control group design. Populasi penelitian adalah ibu hamil diwilayah Puskesmas Bogorejo Kabupaten Blora bulan Desember 2015 sampai Maret 2016 sejumlah 98 orang, sedangkan jumlah sampel  52 orang  yang terbagi dalam 2 kelompok yaitu kelompok pendampingan ibu hamil dan kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel yaitu simple randoom sampling. Analisa data dengan uji statistik Mann Whitney Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan antara kepatuhan ibu hamil dalam minum tablet Fe yang didampingi kader dengan yang tidak didampingi kader, nilai p value 0.001 < α 0.05.

Diharapkan pelaksanaan program-program kesehatan yang dilaksanakaan perlu untuk melibatkan lintas program dan lintas sektoral terutama kader sebagai mitra kerja bidan. Keluarga atau suami juga penting untuk memberikan dukungan dan berpartisipasi dalam pemantauan minum tablet Fe sehingga dapat meningkatkan kepatuhan ibu hamil dalam minum tablet Fe selama kehamilannya.

References

1. Aditianti, Yurista P dan Elisa DJ. (2015). Pendampingan Minum Tablet Tambah Darah dapat Meningkatkan Kepatuhan Konsumsi TTD Pada Ibu Hamil Anemia.
2. Almatsier, S. (2010). Prinsip dasar Ilmu Gizi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
3. BKKBN. (2012). Siaran Pers: BKKBN, PEDULI SELAMATKAN IBU DI INDONESIA,
4. (online) (http;//www.bkkbn.go.id.diakses 5 Januari 2016).
5. Depkes RI. (2008). Buku Kader Posyandu Usaha Perbaikan Gizi Keluarga. Jakarta: Departemen Kesehatan RI.
6. Depkes RI. (2012). Survey Demografi dan Kesehatan Indonesia. http;// depkes.go.id diakses 5 Januari 2016.
7. Dian L, Agus S, Mufnaetty. (2014). Kepatuhan Minum Tablet Zat Besi Dengan Peningkatan Kadar Hb Ibu Hamil di Puskesmas
8. Purwoyoso Semarang. Jurnal Gizi Universitas Muhamadiyah Semarang, Vol 3. Nomor 2.
9. Dinas Kesehatan Kabupaten Blora. (2015). Data Kematian Ibu di Kabupaten Blora. Kesga DKK Blora.
11. Erfandi, 2010. Puskesmas Oke: Kepatuhan Kutila Nur Aini. (2013). Hubungan tingkat pengetahuan ibu hamil dengan kepatuhan mengkonsumsi tablet Fe di BPS Siti Hasunah Candi Sidorejo.
12. Manuaba, Ida Ayu Chandranita, dkk. (2010). Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan, dan KB, untuk pendidikan Bidan Edisi 2. Jakarta: EGC.
13. Namchar. (2013). Kepatuhan Ibu Hamil Dalam Mengkonsumsi Tablet Zat Besi (FE) di Puskesmas Bara..
14. Notoadmodjo, Soekidjo. (2010). Promosi
15. Kesehatan dan Ilmu Perilaku.. Jakarta: Rineka Cipta.
16. Prawirohardjo, Sarwono, (2010). Buku Acuan Nasional Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal. Jakarta: PT Bina Pustaka Sarwono Prawirohardo.
17. Riset Kesehatan Dasar. (2013). Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Jakarta: Departemen Kesehatan Republik Indonesia.
18. Robiatul Adawiyani. (2013). Pengaruh Pemberian Booklet Anemia Terhadap Pengetahuan, Kepatuhan Minum Tablet Tambah Darah Dan Kadar Hemoglobin Ibu hamil di Unit Rawat Jalan rumkital Dr. Ramelan Surabaya.
19. Syafrudin. (2009). Promosi Kesehatan Untuk Mahasiswa Kebidanan. Jakarta: CV. Trans Info Media.
20. Zarianis. (2006). Efek suplemen besi dan vitamin C pada anak sekolah. http;//id.wikipedia.org/
Published
2016-12-01
How to Cite
1.
Wuwuh S. PENGARUH PENDAMPINGAN KADER PADA IBU HAMIL TERHADAP KEPATUHAN MINUM TABLET Fe. Jurnal Ilmiah Bidan [Internet]. 1Dec.2016 [cited 22Jun.2021];1(3):1-. Available from: https://e-journal.ibi.or.id/index.php/jib/article/view/11
Section
Articles