• Vol 1 No 1 (2015)

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Puji syukur kehadirat Allah SWT yang senantiasa memberikan rahmat-Nya kepada kita sekalian, sehingga pada akhirnya kita dapat menerbitkan jurnal bidan perdana sebagai upaya terobosan dari PPIBI sesuai dengan rencana kerja 2013-2018.
    Tak terasa selama pengerjaannya yang tidak sedikit halangan serta rintangan dapat teratasi dengan bantuan berbagai pihak yang tidak pernah berhenti. Jurnal Bidan merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Pengurus Pusat Ikatan Bidan Indonesia sebagai sarana untuk menyajikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pelayanan kebidanan. Jurnal Bidan ini juga sebagai media bagi bidan untuk menyajikan hasil-hasil karya ilmiah baik berupa hasil penelitian maupun karya ilmiah lainnya.
    Keberadaan sebuah profesi di dukung oleh organisasi profesi. Jurnal Bidan sebagai jurnal profesi merupakan salah satu bukti keberadaan profesi yang didukung oleh bukti-bukti ilmiah yang disajikan dalam jurnal ini.
    Jurnal Bidan dapat dimanfaatkan oleh semua bidan baik para akedemisi, bidan provider, maupun bidan yang ada di birokrasi dan di lembaga lainnya. Jurnal ini juga terbuka bagi mahasiswa kebidanan dan masyarakat umum yang tertarik dengan masalah kebidanan. Artikel yang dipublikasi dalam Jurnal Bidan disajikan dalam bahasa Indonesia yang baku dan mudah dimengerti oleh para pembaca dan dapat dijadikan bahan bacaan dan rujukan yang menyajikan informasi terkini disiplin ilmu Kebidanan.
    Budaya menulis adalah indikator dari kualitas bangsa yang beradab. Semakin berkualitasnya hasil tulisan menunjukkan semakin tingginya tingkat intelektualitas suatu bangsa. Kami harapkan dengan hadirnya Jurnal Bidan ini semakin memicu tumbuh dan suburnya budaya menulis ilmiah serta semangat berkarya di antara kita.
    Selamat membaca dan semoga bermanfaat.
    Wa’alaikumsalam, Wr. Wb.

  • Vol 1 No 2 (2016)

    Puji syukur kehadirat Allah SWT yang senantiasa memberikan rahmat-Nya kepada kita sekalian, sehingga kita dapat menerbitkan jurnal ilmiah bidan volume 1 nomor 2 sebagai upaya terobosan dari PPIBI sesuai dengan rencana kerja 2013-2018. Jurnal ilmiah bidan merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Pengurus Pusat Ikatan Bidan Indonesia sebagai sarana untuk menyajikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pelayanan kebidanan. Dalam proses pengerjaannya, tentunya tidak sedikit halangan, namun dengan bantuan berbagai pihak yang tidak pernah berhenti dapat teratasi.

  • Vol 1 No 3 (2016)

    Puji syukur kehadirat Allah SWT yang senantiasa memberikan rahmat-Nya kepada kita sekalian, sehingga kita dapat menerbitkan Jurnal Ilmiah Bidan volume I nomor 3 di tahun 2016 sebagai kontribusi ilmiah yang signifikan Pengurus Pusat Ikatan Bidan Indonesia (PP IBI). Jurnal Ilmiah Bidan merupakan salah satu sarana untuk menyajikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pelayanan kebidanan.

  • Vol 2 No 1 (2017)

    Puji syukur kehadirat Allah SWT yang senantiasa memberikan rahmat-Nya kepada kita sekalian, sehingga kita dapat menerbitkan Jurnal Ilmiah Bidan volume II nomor 1 di tahun 2017 sebagai kontribusi ilmiah yang signifikan Pengurus Pusat Ikatan Bidan Indonesia (PP IBI). Jurnal Ilmiah Bidan merupakan salah satu sarana untuk menyajikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pelayanan kebidanan.

  • Vol 2 No 2 (2017)

    Puji syukur kehadirat Allah SWT yang senantiasa memberikan rahmat-Nya kepada kita sekalian, sehingga kita dapat menerbitkan Jurnal Ilmiah Bidan volume II nomor 2 di tahun 2017 sebagai kontribusi ilmiah yang signifikan Pengurus Pusat Ikatan Bidan Indonesia (PP IBI). Jurnal Ilmiah Bidan merupakan salah satu sarana untuk menyajikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pelayanan kebidanan.

  • Vol 2 No 3 (2017)

    Puji syukur kehadirat Allah SWT yang senantiasa memberikan rahmat-Nya kepada kita sekalian, sehingga kita dapat menerbitkan Jurnal Ilmiah Bidan volume II nomor 3 di tahun 2017 sebagai kontribusi ilmiah yang signifikan Pengurus Pusat Ikatan Bidan Indonesia (PP IBI). Jurnal Ilmiah Bidan merupakan salah satu sarana untuk menyajikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pelayanan kebidanan.

  • Vol 3 No 1 (2018)

    Puji syukur kehadirat Allah SWT yang senantiasa memberikan rahmat-Nya kepada kita sekalian, sehingga Jurnal Ilmiah Bidan dapat kembali terbit menerbitkan Jurnal Ilmiah Bidan. Pada kuwartal 1 tahun 2018, JIB terbit edisi April 2018 Volume III Nomor 1 di tahun 2018 ini hadir berisikan 5 buah naskah penelitian kebidanan.

    Pada kesempatan ini tim redaksi ingin menyampaikan apresiasi yang setinggi tinginya kepada Mitra Bestari yang telah meluangkan waktu dalam melakukan review terhadap naskah yang telah masuk ke redaksi. Redaksi JIB mengucapkan terima kasih kepada:  Bapak Prof. dr. Hadi Pratomo, MPH, DrPH  dari FKM Universitas Indonesia, Ibu Andari Wuri Astuti, S.SiT., MPH., Ph.D. dari Universitas Aisyitah Yogyakarta, Ibu Dr. Ni Nyoman Budiani, S.Si.T., M. Biomed. dari Poltekkes Kemenkes Denpasar Jurusan Kebidanan, Ibu Dr. Merry Wijaya, M.Kes  dari Fakultas Kedokteran UNPAD, Ibu Dr. Eny Retna Ambarwati, S.Si.T, M.Kes dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan AKBIDYO dan Ibu Juli Oktalia, SST.MA dari Poltekkes Kemenkes Jakarta III.

    Semoga dengan hadirnya edisi ini, JIB dapat menjadi salah satu sarana rujukan bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pelayanan kebidanan.

  • Vol 3 No 2 (2018)

    Jurnal Ilmiah Bidan (JIB) Volume 3 No. 2 Tahun 2018

1 - 8 of 8 items