Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
    -Naskah yang di ajukan belum pernah dipublikasikan sebelumnya dan tidak sedang diajukan ke jurnal lain untuk diterbitkan.-
  • The submission file is in Microsoft Word, or RTF document file format
    -Makalah di tulis dalam bentuk MS-Office Word 97/2003 atau MS-Word Office 2007/2010 (file ekstensi “doc” atau “docx”)-
  • Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris dan Indonesia, menggunakan font Times New Roman dengan ukuran 10pt, Italic, spasi tunggal, terdiri dari 1 paragraf utuh
  • Isi makalah ditulis menggunakan font Times New Roman ukuran 11pt, spasi tunggal, rata kanan kiri
  • Ukuran kertas letter/quarto dengan margin kanan, kiri, atas, dan bawah 3 cm. Makalah di tulis dalam bentuk 1 kolom (tidak dalam 2 kolom/versi jurnal). Jumlah halaman per judul makalah antara 8-12 halaman
  • Curiculum Vitae / Daftar Riwayat Hidup (File terpisah dari naskah, jangan disatukan, dengan format bebas)
  • Surat penyataan lulus/lolos Klirens Etik (ethical clearance). Saudara dapat menggunakan jasa dari Lembaga / Komite Etik Penelitian.
  • Surat Pernyataan (Etika Publikasi dan Hak Cipta). Pernyataan naskah Asli, belum pernah dipublikasi, tidak sedang dipertimbangkan untuk diterbitkan oleh jurnal lain dan tidak akan dikirimkan ke jurnal lain untuk dinilai)
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines (Vancouver Style) - Teks mematuhi persyaratan gaya dan bibliografi (Gaya Penulisan Vancouver) sesuai dengan yang diuraikan dalam Panduan Penulis.
  • The text is single-spaced; uses a 11-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • Naskah ditulis dalam Vancouver style (gaya selingkung Vancouver)

Author Guidelines

Jurnal Ilmiah Bidan (JIB) menerima artikel/naskah asli yang relevan dengan bidang kebidanan, meta–analisis, hasil Penelitian, Studi Literatur, Clinical Practice, dan Case Report/laporan kasus dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulisan makalah mengikut format dan aturan penulisan naskah JIB
  2. Menggunakan bahasa Indonesia baku, setiap kata asing dicari padanannya dalam bahasa Indonesia baku dan kalimat yang diambil dari tulisan ilmiah dalam bahasa asing diterjemahkan dalam bahasa Indonesia baku,
  3. Makalah di tulis dalam bentuk MS-Office Word 97/2003 atau MS-Word Office 2007/2010 (file ekstensi “doc” atau “docx”)
  4. Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris dan Indonesia, menggunakan font Times New Roman dengan ukuran 10pt, Italic, spasi tunggal, terdiri dari 1 paragraf utuh.
  5. Isi makalah ditulis menggunakan font Times New Roman ukuran 11pt, spasi tunggal, rata kanan kiri
  6. Kalimat pertama dalam satu alinea menjorok ke bagian dalam tulisan dengan jarak 1 tab (10 ketukan/1 cm).
  7. Ukuran kertas A4 dengan margin kanan, kiri, atas, dan bawah 3 cm
  8. Setiap halaman di beri nomor secara berurutan dimulai dari halaman judul sampai halaman terakhir.
  9. Makalah di tulis dalam bentuk 1 kolom (tidak dalam 2 kolom/versi jurnal)
  10. Jumlah halaman per judul makalah antara 8-12 halaman
  11. Menyertakan surat penyataan lulus/lolos Klirens Etik (ethical clearance)
  12. Menyertakan lembar Biodata lengkap penulis (CV/Resume) - Format Bebas
  13. Naskah ditulis dalam Vancouver style (gaya selingkung Vancouver)

 

Semua artikel akan dibahas oleh para pakar dalam bidang keilmuan yang sesuai (peer review) dan dewan redaksi. Artikel yang perlu perbaikan dikembalikan kepada penulis. Untuk menghindari duplikasi, Jurnal Ilmiah Bidan tidak menerima artikel yang sudah di publikasikan atau sedang diajukan kepada majalah/jurnal/media publikasi ilmiah lainnya, hal ini dikuatkan dengan menandatangani surat pernyataan. Penulis diminta mengirimkan softcopy naskah disertai surat pernyataan tertulis bahwa naskah tersebut adalah benar hasil karya penulis dan belum pernah dipublikasikan kepada Dewan Redaksi. Penulis pertama harus memastikan bahwa semua penulis pembantu telah menyetujui. Bila diketahui artikel telah dimuat pada jurnal lain, maka pada Jurnal Ilmiah Bidan edisi selanjutnya artikel akan dianulir.

 

Artikel penelitian harus mempertimbangkan aspek etika penelitian yang dapat dipertanggungjawabkan dan memperoleh persetujuan komite etik. Penulis diwajibkan melampirkan surat penyataan lulus/lolos Klirens Etik (ethical clearance). Penulis dapat menggunakan jasa komite etik yang ada di seluruh Indonesia.

 

Tim Editor berhak melakukan editing seperlunya/diluar isi terhadap makalah seperlunya/diluar isi untuk layout jurnal. Seluruh pernyataan dalam naskah merupakan tanggung jawab penulis. Redaksi berhak mengubah susunan bahasa tanpa mengubah isinya. Naskah yang tidak diterbitkan dikembalikan ke pengarang jika ada permintaan. Makalah yang dikirim lengkap/utuh sesuai ketentuan penulisan dan jadwal pengiriman, diterbitkan dalam bentuk Jurnal ber-ISSN

                                                                                        

Kepastian pemuatan atau penolakan naskah akan diberitahukan secara tertulis melalui email. Penulis yang naskahnya dimuat akan diberi nomor bukti pemuatan. Naskah yang tidak dimuat tidak akan dikembalikan, kecuali atas permintaan penulis. Penulis dianjurkan untuk mencantumkan alamat lengkap, telepon, fax, dan e-mail untuk memudahkan komunikasi di form biodata yang disediakan. Korespondensi selanjutnya akan dilakukan melalui e-mail. Untuk keperluan administrasi, mohon disertakan juga curriculum vitae.

Silahkan download Surat Pernyataan (Pernyataan Etika dan Perjanjian Hak Cipta), tanda tangani dan kirim ke JIB beserta naskah/artikel.

Panduan Penulisan JIB dapat di unduh pada link ini http://www.ibi.or.id/download/?id=D20171213001&lang=id

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.