PENGARUH STIMULASI PENDIDIKAN TERHADAP PERKEMBANGAN KECERDASAN ANAK USIA 3-6 TAHUN

  • Tessa Siswina Jurusan Kebidanan, Poltekkes Kemenkes Pontianak
Keywords: Stimulasi, Kecerdasan, Anak, Pendidikan

Abstract

Di Indonesia, pada tahun 2005 terdapat 20,87 juta anak balita, tetapi yang mendapatkan pendidikan dengan baik seperti pada Kelompok Bermain, Taman Bermain dan lainnya yang dikelola oleh pemerintah maupun swasta hanya sekitar 60%, padahal anak merupakan generasi penerus suatu bangsa. Kualitas anak tersebut tergantung pada kualitas tumbuh kembangnya, yang salah satunya dipengaruhi oleh pemberian stimulasi. Jika seorang anak kehilangan kesempatan untuk belajar di usia dini, maka perkembangan otaknya pun akan berlangsung di bawah rata-rata. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh stimulasi pendidikan terhadap perkembangan kecerdasan anak usia 3-6 tahun. Penelitian ini menggunakan metode praeksperimental dengan rancangan satu kelompok pretes-postes. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang siswa Raudhatul Athfal (RA) Baiturrahman, Tasikmalaya yang dipilih berdasarkan randomisasi. Sebelum diberikannya perlakuan, dilaksanakan tes IQ awal dengan menggunakan WPPSI (The Wechsler Preschool and Primary Scale of Intelligence) dan kemudian diberikan perlakuan berupa stimulasi pendidikan selama 3 (tiga) bulan mulai Agustus s/d Desember 2007. Setelah selesai diberikannya perlakuan, dilaksanakan kembali tes IQ akhir, untuk melihat adanya perkembangan kecerdasan pada anak. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji t dua sampel berpasangan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan nilai IQ pada saat tes awal dan tes akhir untuk IQ verbal sebesar 6,0 unit (92,1 vs 98,1); nilai p <0,001, IQ prestasi sebesar 6,6 unit (104,4 vs 111,0); nilai p <0,001, full IQ sebesar 7,7% atau sebesar 7,5 unit (97,5 vs 105,0); nilai p <0,001; pada anak perempuan IQ sebesar 100,8 vs 107,5 unit; nilai p 0,002; serta IQ anak laki-laki sebesar 94,2 vs 102,5 unit; nilai p <0,001. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa stimulasi pendidikan secara bermakna berpengaruh terhadap peningkatan perkembangan kecerdasan verbal, prestasi dan full IQ, serta anak perempuan usia 3-6 tahun memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi daripada anak laki-laki.

References

1. Soedjtamiko. 2006. Stimulasi, Deteksi Dan Intervensi Dini. Jakarta : Yayasan Kesejahteraan Anak Indonesia. p 3-5
2. Wartanto, Martono H, Rudiyono, Kunarti, Yuniarti. 2004. Sosialisasi Pendidikan Anak Usia Dini : Apa, Mengapa Dan Siapa Yang Bertanggung Jawab Terhadap Program Pendidikan Anak Usia Dini?. Jakarta: Direktorat PADU, Direktorat Jenderal Pendidikan Luar Sekolah Dan Pemuda, Direktorat Pendidikan Nasional. p : 2-8, 10-3.
3. Oyeng. 2003. Masa Balita Tentukan Kualitas Hidup Anak. Jakarta : pikiranrakyat.
4. Banjarmasinpost. 2007. Anak Usia Dini Plus Pendidikan Menjadi Unggul. Jakarta : Kompas.
5. Ayah Bunda. 2003. Tiga Tahun Pertama Yang Menentukan. Jakarta : PT Gaya Favorit Press. p : 2-5, 7-9.
6. Suriviana. 2005. Sesuaikah Tumbuh Kembang Anak Anda-Bag2. Laman web : http://www. infoibu.com/2005.
7. Soetjiningsih, editor Ranuh IGNG. 1995. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta : PT Buku Kedokteran EGC. p : 33-8.
8. Ludington SH, Golant SK. 2001. Membuat Anak Cerdas. Jakarta : PT Prestasi Pustaka.p : 5-8 , 13-7.
9. Sahabatnestle. 2006. Stimulasi Untuk
Optimalkan Potensi Kecerdasan Si Kecil. Laman web : http://www.sahabatnestle.co.id.
10. Sofyan M, Madjid NA, Siahaan R. 2003. 50 Tahun IBI, Bidan Menyongsong Masa Depan, Cetakan
Ke II. Jakarta : PPIBI. p : 161-2.
11. Ayah Bunda. 2003. Multiple Intelligences, Mengenali Dan Merangsang Potensi Kecerdasan Anak. Jakarta : PT Grafika Multi Warna. p : 4-7, 9-20.
12. Seniati L, Yulianto A, Setiadi BN. 2005. Psikologi Eksperimen. Jakarta : PT Indeks Kelompok Gramedia. p : 35-9, 40-6, 56-7.
13. Sattler JM. 1974. Assessment Of Childrens Intelligence, Buku I Revised Reprint. Philadelphia : Saunders Company. p : 208-47.
14. Yusuf S, Pengantar Dahlan D. 2005. Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Bandung : PT Rosda. p : 22-4, 106-37, 162-77.
15. Piaget J. 2000. Stage Of Intellectual Development In Children And Teenagers. America : American Academy Of Pediatrics. p : 8-9.
16. Gunn JB, Fuligni AS, Berlin LJ. 2003. Early Child Development In The 21st Century, Profiles Of Current Research Initiatives. New York : Teachers College Press. p : 6.
17. Shahib MN. 2005. Pendidikan berbasis kompetensi menuju invensi. Bandung : PT gema media pusakatama. p : 27-32, 46-55, 114-5.
18. Soedjtamiko. 2005. Stimulasi Dini Pada Bayi Dan Balita Untuk Mengembangkan Kecerdasan Multiple Dan Kreativitas Pada Anak. Jakarta : YayasanKesejahteraanAnakIndonesia. p : 5-8.
19. Shahib MN. 2003. Pembinaan Kreativitas Menuju Era Global. Bandung : PT alumni. p : 14-5, 21, 2930 , 34-5.
20. Buzan T. 2005. Brain Child, Cara Pintar Membuat Anak Jadi Pintar. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama. p : 10-3, 15-7, 20-1.
Published
2016-03-01
How to Cite
1.
Siswina T. PENGARUH STIMULASI PENDIDIKAN TERHADAP PERKEMBANGAN KECERDASAN ANAK USIA 3-6 TAHUN. Jurnal Ilmiah Bidan [Internet]. 1Mar.2016 [cited 22Jun.2021];1(2):27-3. Available from: https://e-journal.ibi.or.id/index.php/jib/article/view/7
Section
Articles